Thursday, October 18, 2012

Tugas Guru

Dalam proses pembelajaran, fungsi utama guru adalah sebagai fasilitator dan mediator. Fungsi mediator dan fasilitator dapat dijabarkan dalam beberapa tugas sebagai berikut:

  1. Menyediakan pengalaman belajar yang memungkinkan siswa bertanggung jawab dalam membuat rancangan, proses, dan penelitian. Karena itu memberi ceramah bukan tugas utama seorang guru. 
  2. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka untuk mengekspresikan gagasan-gagasannya dan mengkomunikasikan ide ilmiah mereka  (Watt & Pope, 1989)
  3. Menyediakan sarana yang merangsang siswa berfikir secara produktif. Menyediakan kesempatan dan pengalaman yang paling mendukung proses belajar siswa. Guru harus menyemangati siswa. Guru perlu menyediakan pengalaman konflik (Tobin,Tippins, & Gallard, 1994)
  4. Memonitor, mengevaluasi dan menunjukan apakah pikiran si siswa jalan atau tidak. Guru menunjukan dan mempertanyakan apakah pengetahuan siswa itu berlaku untuk menghadapi persoalan baru yang berkaitan. Guru membantu mengevaluasi hipotesis dan kesimpulan siswa (Suparno, 1997)

 Referensi:
Hadi, Sutarto(2005),Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip

0 comments:

Post a Comment