Friday, October 19, 2012

Manfaat "Soal Salah"

Maksud dari "soal salah" disini adalah soal yang dengan sengaja di desain oleh guru ataupun peneliti dengan tujuan menguji pemahaman konsep suatu materi yang telah dipelajari oleh siswa. 

Terkadang kita sebagai guru  hampir "tidak pernah" memberikan soal salah kepada siswa untuk mengetes kemampuannya dalam pembelajaran ataupun ujian. Hal ini terjadi karena kita kurang mengetahui mamfaat soal salah dan belum terbiasa mencari ide-ide kreatif dalam mengukur kemampuan siswa. Selain itu, soal soal ini hampir tidak pernah digunakan karena "kurikulum" kita masih mementingkan hasil dari pada proses, misal soal ujian nasional (UN) semuanya dalam bentuk pilihan ganda.

Berikut ada beberapa manfaat menyelipkan soal salah dalam pembelajaran ataupun ujian.
  1. Dapat mengetahui kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep suatu materi.  Misalkan terdapat soal seperti gambar di atas, jika terdapat siswa yang memaksakan diri untuk menemukan hasilnya, berarti siswa tersebut belum memahami syarat-syarat perkalian matrik.
  2. Membiasakan siswa untuk berargumentasi. Misalkan terdapat siswa yang memberikan alasan bahwa soal tersebut tidak dapat diselesaikan, selain itu juga mampu memberikan syaratnya agar dapat diselesaikan, berarti siswa tersebut benar-benar paham terhadap konsep perkalian matrik.
Jadi "soal salah" sangatlah penting digunakan dalam mengukur kemampuan siswa.

0 comments:

Post a Comment