Saturday, October 27, 2012

Sekilas tentang Prof Dr Hans Freudenthal (1905 - 1990)




Hans Freudenthal lahir pada tahun 1905 di kota Jerman Luckenwalde, putra seorang guru Yahudi. Bahkan pada usia muda ia tertarik pada persamaan diferensial dan integral, namun pada usia 13 ia juga membaca semua karya Goethe dan Schiller. Pada tahun 1923 ia pergi ke Berlin dan Paris untuk belajar matematika. Setelah lulus Doktor ia pindah ke Amsterdam, di Belanda, di mana ia menjadi asisten LEJ Brouwer, ahli matematika yang terkenal, pada tahun 1930. Tak lama setelah itu, ia menikah dengan Suus Lutter yang merupakan ahli pedagogik. Berkat pernikahannya dengan seorang wanita Belanda Arian  membawa sejumlah keberuntungan, Freudenthal mampu bertahan pada Perang Dunia Kedua.
Pada tahun 1946 Freudenthal menjadi profesor di Utrecht, Ia ditunjuk untuk menangani matematika murni dan terapan, dan prinsip-prinsip matematika. Pada saat itu Freudenthal adalah seorang matematikawan yang terkenal, dan ia juga berkontribusi besar pada bidang topologi, geometri dan teori grup.

Sebagai seorang guru ia memperoleh ketenaran internasional sebagai pendiri pendidikan matematika realistik, yang didasarkan pada masalah yang diambil dari pengalaman sehari-hari bukan dari  matematika abstrak. Secara individu Freudenthal memperbaharui pendidikan di Belanda dari pengaruh metode New Math dari Amerika, yang diperkenalkan di banyak negara dari tahun 1960 dan seterusnya. Metode formal, berdasarkan logika ternyata tidak sesuai bagi sebagian besar siswa.

Freudenthal lebih suka membimbing murid-muridnya pada proses penemuan. Mottonya adalah Anda belajar matematika terbaik dengan menemukan kembali. Siswa-siswanya tidak diberi masalah yang abstrak dalam proses pembelajaran tapi dengan menggunakan masalah-masalah dari kehidupan sehari-hari, dan dalam memecahkan ini mereka secara bertahap mengembangkan pemahaman matematika. Selain itu, Freudenthal berpendapat bahwa mengenali masalah akan mengarahkan siswa secara otomatis untuk lebih tertarik pada matematika.

Pada tahun 1971 Freudenthal mendirikan IOWO (Wiskundeonderwijs Ontwikkeling Instituut, Institut Pengembangan Pendidikan Matematika), sekarang disebut Institut Freudenthal (FI). FI terus menjadi salah satu kekuatan pendorong dalam pembaharuan pendidikan matematika, baik di Belanda maupun di luar negeri.

Secara khusus Freudenthal adalah seorang penulis. Tulisannya yang tak terhitung jumlahnya selama bertahun-tahun, seperti De Groene Amsterdammer dan NRC Handelsblad, pada berbagai topik termasuk bahasa, sejarah dan politik. Selain itu, setelah kematiannya karya yang tidak dipublikasikan banyak - puisi, drama dan novel - yang ditemukan di tanah miliknya.

Hans Freudenthal, pembaharu pendidikan, meninggal dunia pada tanggal 13 Oktober 1990. Dia ditemukan di bangku taman oleh anak-anak yang bermain di sana. Untuk informasi lebih lanjut tentang Hans Freudenthal,
Berikut: beberapa buku karya Hans Freudenthal:

  1. Weeding and Sowing: Preface to a Science of Mathematical Education by Hans Freudenthal (Feb 29, 1980)
  2. Revisiting Mathematics Education: China Lectures (Mathematics Education Library) by Hans Freudenthal(Sep 30, 1991)
  3. Didactical Phenomenology of Mathematical Structures (Mathematics Education Library) by Hans Freudenthal (May 27, 2008)
  4. Mathematics as an Educational Task by Hans Freudenthal (Dec 31, 1972)
  5. Vorrede zu einer Wissenschaft vom Mathematikunterricht (Mathematik, Didaktik und Unterrichtspraxis) (German Edition) by Hans Freudenthal (1978)

Berikut: beberapa buku karya Hans Freudenthal:

Sources: http://www.fisme.science.uu.nl/en/freudenthal.html
http://www.amazon.com/Hans-Freudenthal/e/B001JXJE9U
http://www-groups.dcs.st-and.ac.uk/~history/Mathematicians/Freudenthal.html

0 comments:

Post a Comment