Saturday, November 17, 2012

Menyelesaikan Masalah FPB Dengan Menggunakan Animasi Flash


Menyelesaikan Masalah FPB Dengan Menggunakan Animasi Flash
Oleh:
Irkham, Wahid Yunianto dan I Ketut Kertayasa
International Master Program on Mathematics Education (IMPoME) 2012
Sriwijaya University.

A.      Pendahuhluan
Penggunaan media pembelajaran yang kurang atraktif menimbulkan rendahnya minat belajar siswa. Minat belajar mempengaruhi hasil belajar (Febianto, 2007:25). Oleh sebab itu, untuk meningkatkan minat belajar siswa demi tercapainya hasil belajar yang optimal, dapat dilakukan melalui penggunaan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi komputer. 
Sejak diciptakannya komputer sebagai alat bantu manusia, maka pengembangan  perangkat lunak yang mendukung pembelajaran pun selalu          diciptakan, salah satunya adalah flash. Flash adalah program animasi berbasis vektor yang digunakan untuk membuat animasi dan aplikasi web yang dinamis dan interaktif.  Selain itu, flash juga dapat digunakan untuk membuat kartun, game, menu interaktif, e-card, screen sever, aplikasi multimedia dan lain-lain (Candra, 2006:2).
Kegunaan flash yang begitu beragam membuat flash banyak dikembangkan saat ini. Salah satunya dapat digunakan untuk membuat animasi flash untuk menyelesaikan masalah FPB. Animasi flash untuk menyelesaikan masalah FPB yang dimaksud adalah menampilkan benda nyata yang ada pada soal dan benda nyata tersebut dapat digerakan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Karena animasi flash untuk menyelesaikan masalah FPB ini dijalankan dengan  komputer, maka animasi flash memiliki kelebihan-kelebihan yang ada pada komputer yaitu:
a.       Sikap siswa terhadap pelajaran akan positif, sebab komputer itu netral (maksudnya      
       tidak marah dan lain-lain).
b.      Komputer dapat memberikan umpan balik kepada siswa secara langsung sehingga dapat meningkatkan keberhasilan siswa dalam belajar.
c.       Kekeliruan guru atau siswa dapat terhindarkan.
d.      Soal-soal dapat diselesaikan dengan cepat.
(Ruseffendi, 2005:110)
Hal ini juga didukung oleh pendapat Wena (2009:202-203) yang menegaskan bahwa “pembelajaran dengan  berbasis komputer akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebab jawaban yang diberikan  siswa akan direspon langsung oleh komputer”.
Agar pelaksanaan pembelajaran menggunakan animasi flash berjalan dengan baik, maka pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan pembelajaran PMRI.
Untuk lebih lengkapnya silahkan klik DISINI

0 comments:

Post a Comment