Monday, November 12, 2012

Luas Trapesium


Luas Trapesium
Oleh:
Irkham, Wahid Yunianto dan I Ketut Kertayasa
IMPOME 2012, Sriwijaya University
A.      Pendahuhluan
Untuk membuat pembelajaran lebih bermakna dan memfasilitasi anak untuk berpikir kreatif, maka perlu disiapkan soal-soal non-rutin untuk  mengukur  sejauh mana kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Soal-soal non-rutin biasanya berupa soal-soal cerita yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
Pada tulisan ini, tim peneliti akan menjelaskan pendekatan yang digunakan dalam menerapkan  materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar. Bangun datar yang dimaksud adalah trapesium. Untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami luas bangun datar yang telah dipelajarinya, tim peneliti akan menggunakan masalah kontekstual yang berkaitan dengan materi tersebut. Masalah kontekstual yang digunakan adalah masalah yang ada di Indonesia maupun di luar Indonesia.  
Berdasarkan pada uraian diatas, tim peneliti mencoba mengemukakan salah satu bentuk pendekatan pembelajaran yang akan diterapkan di kelas VC SD Yayasan Pusri Palembang. Pendekatan pembelajarannya yang digunakan adalah pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Melalui pendekatan ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi guru dalam mengarahkan proses pembelajaran matematika di kelas serta siswa dapat menemukan manfaat secara langsung dari belajar matematika.
Untuk lebih jelasnya silahkan donwload di link ini


0 comments:

Post a Comment