Menyelesaikan
Masalah FPB Dengan Menggunakan Animasi Flash
Oleh:
Irkham,
Wahid Yunianto dan I Ketut Kertayasa
International Master
Program on Mathematics Education (IMPoME) 2012
Sriwijaya University.
A.
Pendahuhluan
Penggunaan
media pembelajaran yang kurang atraktif menimbulkan rendahnya minat belajar
siswa. Minat belajar mempengaruhi hasil belajar (Febianto, 2007:25). Oleh sebab
itu, untuk meningkatkan minat belajar siswa demi tercapainya hasil belajar yang
optimal, dapat dilakukan melalui penggunaan media pembelajaran yang
memanfaatkan teknologi komputer.
Sejak
diciptakannya komputer sebagai alat bantu manusia, maka pengembangan perangkat lunak yang mendukung pembelajaran
pun selalu diciptakan, salah
satunya adalah flash. Flash adalah program
animasi berbasis vektor yang digunakan untuk membuat animasi dan aplikasi web yang dinamis dan interaktif. Selain itu, flash juga dapat digunakan untuk membuat kartun, game, menu
interaktif, e-card, screen sever, aplikasi multimedia dan
lain-lain (Candra, 2006:2).
Kegunaan
flash yang begitu beragam membuat flash banyak dikembangkan saat ini.
Salah satunya dapat digunakan untuk membuat animasi flash untuk menyelesaikan masalah FPB. Animasi flash untuk menyelesaikan masalah FPB yang dimaksud adalah
menampilkan benda nyata yang ada pada soal dan benda nyata tersebut dapat
digerakan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Karena animasi flash untuk menyelesaikan masalah FPB
ini dijalankan dengan komputer, maka animasi
flash memiliki kelebihan-kelebihan
yang ada pada komputer yaitu:
a.
Sikap siswa terhadap pelajaran akan
positif, sebab komputer itu netral (maksudnya
tidak marah dan lain-lain).
b.
Komputer dapat memberikan umpan balik
kepada siswa secara langsung sehingga dapat meningkatkan keberhasilan siswa
dalam belajar.
c.
Kekeliruan guru atau siswa dapat
terhindarkan.
d.
Soal-soal dapat diselesaikan dengan
cepat.
(Ruseffendi,
2005:110)
Hal
ini juga didukung oleh pendapat Wena (2009:202-203) yang menegaskan bahwa
“pembelajaran dengan berbasis komputer
akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebab jawaban yang diberikan siswa akan direspon langsung oleh komputer”.
Agar pelaksanaan pembelajaran menggunakan animasi flash berjalan dengan baik, maka
pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan pembelajaran PMRI.
Untuk lebih lengkapnya silahkan klik DISINI
0 comments:
Post a Comment